Explore ke Gunung Merbabu – Via Cuntel

18 Maret 2015 – 21 Maret 2015

Februari  mulai terasa jenuh mendekati akhir bulan. Bagaimana tidak? Selain kepadatan pekerjaan yang tidak penah lepas dari rutinitas sehari-hari, liburan di tanggal merah bulan maret pun membuat kami team tergiur untuk menelusuri gunung di daerah boyolali yaitu Gunung Merbabu. Namun kali ini berbeda dengan perjalanan kami sebelumnya yang menggunakan jalur Selo. Kami mencoba mengambil jalur lama yang menjadi andalan dengan waktu yang relative singkat namun memiliki tingkatan tantangan yang lumayan berat. Akhir-nya berdasarkan keputusan team kami membuka Open Trip untuk pendakian Gunung Merbabu melalui jalur Cuntel.

Pendakian Gunung Merbabu

Paket Open Trip kami coba buka 3 minggu sebelum hari H. Sangat cepat untuk pembukaan trip tersebut, tetapi kami tidak peduli dan tetap pada kegigihan kami yaitu mendaki gunung. Tekat kami sudah bulat dan pasti berangkat untuk mendaki Gunung Merbabu. Diawal kami pesimis karena kurang yakin untuk pembukaan trip pendakian gunung merbabu tersebut namun kenyataan yang terjadi adalah cukup berbeda. Paket Open Trip pendakian gunung merbabu yang hanya terbatas untuk 10 peserta berkembang menjadi 16 peserta. Bahkan 3 hari sebelumnya ada yang menghubungi kami untuk ikut namun sayang tidak jadi dikarenakan harga tiket kereta naik cukup tinggi sehingga kami tidak dapat memberikan harga yang sesuai dengan paket yang kami buka.

Memulai Pendakian

Perjalanan pun dimulai dari tanggal 18 Maret 2015 malam hari pukul 21.15 menggunakan kereta api ekonomi dari pasar senen Jakarta. Total peserta dari Jakarta 14 orang siap untuk meng-explore gunung merbabu. Sedangkan 2 orang menyusul dari salatiga. Perlengkapan pribadi serta obat-obatan mereka sudah tertata dengan baik sedangkan perlengkapan P3K, tenda kami pun sudah tersedia untuk pendakian kali ini. Setelah pengecekan awal selesai akhirnya team berangkat dan tiba di Yogyakarta pukul 06.18 dini hari, 19 Maret 2015.

Setibanya di Yogyakarta kami sarapan di angkringan depan hotel inna garuda. Disana kami semua menikmati makanan dan kopi serta teh agar tenaga kami pulih dari kelelahan selama perjalanan.  Tidak lama setelah itu kendaraan bus tiba dan siap untuk mengantar team ke daerah kopeng di boyolali. Tepat pukul 08.15 kami berkemas dan berangkat menuju pasar didaerah kopeng untuk melengkapi persediaan makanan serta keperluan yang kurang. Perlengkapan yang wajib dibawa seperti sleeping bag, matras dan pakaian ganti harus ada disetiap ransel masing-masing peserta jika ada yang tidak memiliki / membawa kami akan meminjamkan / sewa ke rekanan kami didaerah magelang. Namun team kali ini membekali perlengkapan wajib tersebut dengan lengkap.

Wisata Alam Gunung Merbabu Via Yogyakarta

Tiba didaerah cuntel kami turun dari bis dan mengganti kendaraan dengan menggunakan bak terbuka menuju tempat basecamp. Setibanya di basecamp kami prepare / menyiapkan keperluan serta merapikan packing barang-barang dengan benar agar nyaman untuk dibawa. Sambil menikmati mie panas dari basecamp, team dicek fisik serta didaftarkan dari simaksi. Kami di basecamp hingga pukul 10.00 karena kami menunggu izin dari tetua disana serta menunggu hujan berhenti karena sebelumnya cukup lebat.

Izin telah kami dapatkan, simaksi telah selesai, peralatan pun siap untuk pendakian, akhirnya doa kami panjatkan agar keselamatan kami tetap terjaga selama perjalanan menuju puncak hingga kembali pulang. Selesai berdoa kami pun mulai berjalan menuju shelter via cuntel. bersambung..

Mau punya pengalaman liburan seru kayak diatas ? Ayo liburan bersama kami JtravelAsia dengan cara menghubungi kami disini

PapandayanPrauDieng , Merbabu, Bromo, Rinjani, Pulau Seribu, Pulau Pari, Pulau Harapan, Pulau Tidung, Pulau Sepa, Pulau Pramuka, Pulau Karimun Jawa, Pulau Bali, Pulau Bangka, Paket Villa, Paket Hotel, Etnik Baduy, Yogyakarta, Bandung, Bandung

Comments are closed.